Sebagian dari kita mungkin pernah mengalamai dimana sebuah perangkat lunak yang kita buat dan kembangkan tiba-tiba menjadi rusak (broken) dengan sendirinya, padahal kita tidak pernah melakukan perubahan (update) pada perangkat lunak tersebut berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lamanya. Atau bagi pengguna smartphone mungkin pernah mengalami dimana aplikasi favoritnya tiba-tiba jadi gagal dijalankan padahal sebelumnya selalu lancar tidak pernah bermasalah, apabila ini pernah menimpa Anda berarti Anda telah mengalami yang namanya erosi perangkat lunak (software erosion) atau disebut juga sebagai software rot.

erosion

gambar dari http://strangesounds.org

Fenomena ini bisa terjadi sekalipun kita tidak pernah merubah perangkat lunak kita, karena kerusakan yang terjadi bukan disebabkan oleh perangkat lunak kita, namun karena adanya perubahan lingkungan yang semakin lama semakin membuat perangkat lunak kita menjadi "usang", contoh beberapa sistem operasi Android terbaru akan membuat beberapa App terpansang yang mendukung Android lama menjadi tidak lagi berfungsi di beberapa fiturnya karena adanya perubahan di API-nya.

Software erosion tidak bisa kita hindari, artinya bug pada perangkat lunak bisa saja muncul sekalipun sebuah perangkat lunak sudah kita labeli dengan stable release, dan telah bekerja dengan baik sebelumnya. Sehingga saya berani mengatakan, predikat "stable release" pada sebuah perangkat lunak hanyalah sebuah ilusi, patch dan bug fixing tidak akan pernah menjadikan sebuah software menjadi final, melainkan menjadi keharusan yang akan jalan seterusnya. Lihatlah sistem operasi Windows yang sudah berumur ~30 tahunan dengan patch dan bug fix selama ini apakah sudah terbebas dari bug? Tidak, bahkan critical bug pernah menghampiri sistem operasi yang sudah berumur ini.

Jadi kesimpulannya, erosi perangkat lunak adalah sebuah keniscayaan, tapi jangan khawatir karena ada sisi baik dan buruknya, sisi buruknya Anda tidak akan pernah bisa menghindari keniscayaan ini, sisi baiknya adalah Anda sebagai programmer tidak akan pernah kehilangan pekerjaan :D

[] Robin