Pendahuluan

Seperti judulnya, tutorial kali ini akan membahas cara membuat bot telegram menggunakan python dan modul python-telegram-bot. Sebagai catatan, tutorial ini menggunakan python versi 3 karena versi 2 secara official sudah tidak dikembangkan lagi. Selain itu, Anda harus memiliki akun telegram untuk nantinya digunakan melakukan registrasi atau mengubah pengaturan pada bot Anda.

Langkah-langkah

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, chat dengan BotFather untuk memperoleh authorization token .

  • Setelah itu, berikan perintah /newbot kepada BotFather untuk mendapatkan token yang akan kita gunakan pada bot kita nantinya.

  • BotFather akan meminta nama bot yang akan kita buat. Perlu diingat bahwa nama bot yang kita buat harus berakhiran bot misalnya IniBot, itu_bot atau yang lainnya.

  • Selanjutnya, ada beberapa perintah lain yang dapat digunakan untuk mengubah parameter bot yang kita buat. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

/setname        - untuk mengubah nama bot
/setuserpic     - untuk mengubah foto profil bot
/setdescription - untuk mengubah deskripsi bot
/setabouttext   - untuk mengubah informasi terkait bot
  • Setelah mendapatkan token dari BotFather, kita lanjutkan dengan instalasi modul python-telegram-bot pada direktori dimana bot akan kita tempatkan. Cara ini ditempuh, untuk memudahkan jika ingin memindahkan bot ke server dan selain itu agar sistem operasi yang kita gunakan tetap rapih. Gunakan modul virtual environment untuk proses tersebut seperti ini (ubah namabot sesuai keinginan):
mkdir namabot && cd namabot
python3 -m venv venv
source ./venv/bin/activate
pip install python-telegram-bot
  • Setelah berhasil melakukan instalasi modul python-telegram-bot , maka kita tinggal membuat script untuk bot itu sendiri. Berikut ini adalah contoh script bot yang sederhana:
#!/usr/bin/env python3
import json
import requests
from telegram.ext import Updater, CommandHandler

def covid(update, context):
    d = requests.get("https://api.kawalcorona.com/indonesia/").json()
    update.message.reply_text("Positif: {}\nSembuh: {}\nMeninggal: {}".format(d[0]["positif"],d[0]["sembuh"],d[0]["meninggal"]))

updater = Updater("TELEGRAM_TOKEN", use_context=True)
updater.dispatcher.add_handler(CommandHandler("covid", covid))
updater.start_polling()
updater.idle()
  • Jangan lupa untuk mengisi TELEGRAM_TOKEN sesuai dengan token yang diberikan oleh BotFather.

  • Untuk menjalankan bot di atas, cukup ubah script tersebut menjadi executable dengan perintah chmod +x namabot.py && ./namabot.py atau jalankan menggunakan perintah python3 namabot.py.

  • Terakhir, untuk menguji apakah bot sudah berfungsi, Anda dapat menghubungi bot tersebut menggunakan telegram pada alamat https://t.me/namabot (ganti namabot sesuai dengan nama bot Anda). Setelah itu, Anda dapat mengirimkan perintah /covid sesuai dengan yang ada pada script di atas. Jika semuanya berjalan lancar, maka bot Anda akan memberikan respon berupa data jumlah pasien covid-19 di Indonesia.

Penutup

Sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih kepada Allah SWT, dan Anda yang telah membaca tutorial ini.

Referensi

Coba bot ane bang

Bot followers & like ige gratis bang :v

<a href="https://t.me/JustAHackers_IG_BOT">Disini</a>