Hai gaessss hari ini kita akan membuat aplikasi android untuk controlling IoT project yg sudah kita buat. Anda akan menggunakan perangkat lunak yang disebut MIT App Inventor 2 untuk membangun aplikasi. Kamu tidak harus mengunduh atau menginstal program di komputer sebagai perangkat lunak berbasis cloud, jadi Anda membuat aplikasi langsung di browser Anda (Chrome, Mozilla, Safari, Internet Explorer, dll).

Misalnya, Anda hanya memerlukan koneksi internet untuk membuat aplikasi. Anda dapat menginstal aplikasi di smartphone Anda yang disebut MIT AI2 Companion untuk dengan cepat menguji aplikasi Anda (ini opsional). Ini akan dibahas nanti di bagian proyek. Mengapa MIT App Inventor 2? MIT App Inventor 2 adalah layanan gratis yang sederhana dan intuitif untuk membuat aplikasi Android. Anda tidak perlu menjadi ahli dalam pemrograman atau desain untuk membangun aplikasi yang luar biasa yang dapat melakukan hal-hal yang berguna.

Membuat layout semudah memilih dan menempatkan widget di layar smartphone. Pengkodean dilakukan dengan drag and drop blok puzzle. Siapa pun dapat mempelajari cara membuat aplikasi mereka sendiri dengan MIT App Inventor 2 dengan beberapa jam latihan.

Ok gaess langsung saja untuk mengakses MIT App Inventor 2, buka http://appinventor.mit.edu/explore/ dan tekan tombol oranye Buat Aplikasi. picture

Untuk mengakses pembuat aplikasi, Anda memerlukan akun Google. Ikuti langkah-langkah di layar untuk masuk ke MIT App Inventor 2,. Setelah itu, Anda akan disajikan dengan dasbor berikut (kami akan membahas cara menggunakan dashboard di bagian overview MIT App Inventor 2): picture

nah begitu kira2 tampilan dashboard MIT App Inventor gaess next kita create project baru dengan menekan start new project. picture

terus nanti bakal ditanya nama projectnya apa isi aja sesuai yg anda mau trus klik OK

picture

kalau mau lihat project yg tadi kita buat Klik menu Projects > My Projects lalu klik project yg tadi kita buat nanti akan muncul designer dashboard yang seperti ini picture

  1. Anda memilih apakah Anda berada di Designer atau di tab Blok Editor. Dengan MIT App Inventor Anda memiliki 2 bagian utama: Desainer dan Blok. Designer memberi Anda kemampuan untuk menambahkan tombol, menambahkan teks, menambahkan layar, dan mengedit tampilan aplikasi secara keseluruhan. Bagian Block memungkinkan Anda untuk membuat fungsi kustom buat apps kalian, jadi ketika Anda menekan tombol itu sebenarnya mentriger event fungsi td.
  2. Palette berisi komponen untuk membangun desain aplikasi seperti tombol, slider, gambar, label, dll ...
  3. Viewer. Di sinilah Anda menyeret komponen untuk membangun tampilan aplikasi.
  4. Component. Anda dapat melihat semua komponen yang ditambahkan ke aplikasi Anda dan bagaimana mereka diatur secara hierarkis.
  5. Properties. Di sinilah Anda memilih properti komponen Anda seperti warna, ukuran dan orientasi.

picture Di tab Editor blok, Anda memiliki beberapa bagian:

  1. berisi blok bawaan untuk membuat logika aplikasi. Inilah yang membuat aplikasi menentukan fungsi tombol, mengirim perintah ke Arduino, menyambungkan ke modul bluetooth, dll. Anda memiliki beberapa blok yang dikelompokkan berdasarkan kategori:
  • Control: if/else statements, while loops, etc...

  • Logic: True, False, equal, not equal, etc...

  • Math: math operators.

  • Text: blok yang berhubungan dengan teks.

  • List: blok untuk menangani list/daftar.

  • Color: blok untuk menangani warna, seperti memilih warna, membuat warna dan membagi warna.

  • Variabel: menginisialisasi variabel, menetapkan nilai variabel, mendapatkan nilai variabel, dll ...

  • Procedures: prosedur seperti fungsi. Prosedur adalah urutan blok kode dengan nama yang diberikan. Kemudian, Anda dapat memanggil ulang urutan blok itu daripada nulis panjang2 ye kan.

  1. Viewer tempat dimana anda bisa drag and drop blok yg anda mau buat...

di next tutorial saya bahas mengenai sample project

Mantap ini, ditunggu part 2-nya :+1

Tutorial androidnya mantap om.