"Masa depan API bukanlah rest HTTP API, tetapi IPFS API" --Robin

Ya itu adalah quote ku sendiri, hahaha. Tetapi aku confident bahwa teknologi informasi akan bertransformasi dari konsep sentralisasi ke konsep desentralisasi, ini gak berlebihan mengigat indikatornya sudah terlihat saat ini, mulai dari yang paling jadul torrent, sampai yang sekarang lagi trends blockchain sudah mulai mentransformasi bagaimana kita beraktifitas melalui teknologi hingga ke level yang paling fundamental.

Nah hari ini aku coba riset IPFS https://ipfs.io, ini merupakan protokol baru yang sedang dikembangkan oleh komunitas untuk mempermudah dan mempermurah aksesibilitas data menggunakan pendekatan peer-to-peer, ya mirip torrent, tetapi dengan beberapa tambahan fitur. IPFS memungkinkan kita memperlakukan jaringan internet ini selayaknya sebuah satu kesatuan data storage atau bahasa kerennya: distributed file system.

Jauh sebelum protokol ini hadir, saya punya pengalaman pernah menggunakan Amazon S3 sebagai solusi cloud storage yang mana Amazon ini backend-nya menggunakan Dynamo DB, saya juga menggunakan iCloud yang mana backend-nya menggunakan Cassandra DB, saya bahagia menggunakannya, tapi kok lama-lama mahal ya, lalu kemudian saya membuat sendiri dengan menggunakan Cassandra DB, menggunakan 3 nodes replication factor 1, ya 1 redundansinya aku pakai snapshot, jadi biar terpartisi semua tanpa replikasi ke semua node, dan sampai sekarang saya masih menggunakannya.

https://ipfs.io/images/ipfs-illustration-centralized.svg

Lalu kemudian IPFS ini hadir, dengan mengusung konsep Merkle DAG, IPFS sepertinya akan menjadi alternative penyimpanan cloud di masa depan, karena lebih murah dan cepat, kenapa cepat? Karena koneksi upstream/downstream tidak harus tergantung terhadap satu koneksi kita atau koneksi server, tetapi terdistribusi ke beberapa peer yang mendapatkan "jatah" sebagai host-nya, "jatah" ini dikalkulasi menggunakan DHT (Distributed Hash Table).

Sepertinya seperti ini dulu tulisanku, mood nulisku dah mulai hilang.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Apabila tertarik bisa kalian pelajari di https://ipfs.io

Untuk detail teknisnya bisa dibaca di ipfs-p2p-file-system.pdf

[] Robin Sy.