Internet of Things

Semua tentang IoT

by invalid

Ini adalah artikel singkat yang akan membahas proses teardown perangkat smart plug/outlet VocoLinc PM3. Berikut ini adalah foto proses teardown tersebut.

Foto berikut ini adalah penampakan bagian bawah VocoLinc PM3:

Bottom Side

Bisa terlihat, pada bagian bawah perangkat tersebut terdapat informasi berupa model, tegangan input dan output, MAC address serta nomor seri perangkat. Selanjutnya, pada bagian atas, penampakannya cukup ringkas. Hanya terdapat sebuah soket output dan dua buah lampu indikator untuk power dan WiFi:

Top Side

Untuk membuka casing VocoLinc PM3 ini, perlu dilakukan dengan cara yang cukup destruktif, karena tidak terdapat baut dan casing tersebut direkatkan menggunakan lem yang cukup kuat. Berikut ini adalah casing bagian bawah yang telah terbuka:

Opened Bottom Side

Setelah casing bagian bawah terbuka, kita dapat melanjutkan dengan melepaskan empat buah baut yang menahan papan sirkuit VocoLinc PM3 pada casing bagian atas. Setelah empat baut tersebut terbuka, jangan lupa lepaskan pula kabel antenna WiFi yang terhubung menggunakan soket ke modul WiFi VocoLinc PM3 yang terdapat pada bagian samping papan sirkuit.

Opened Top Side

Bisa terlihat bahwa antenna WiFi VocoLinc PM3 melekat pada casing bagian atas dan dihubungkan ke papan sirkuit menggunakan kabel. Selanjutnya, berikut ini adalah foto bagian atas papan sirkuit VocoLinc PM3:

PCB Top Side

Salah satu bagian yang menarik pada papan sirkuit tersebut adalah relay yang digunakan. Walaupun sumber tegangan yang digunakan oleh VocoLinc PM3 yang dibahas kali ini adalah 110V, namun relay tersebut memiliki kemampuan hingga tegangan 250V dengan arus 16A. Dengan demikian, secara teori, jika perangkat tersebut ingin digunakan pada tegangan 220V, maka cukup mengganti power supply pada perangkat tersebut dengan tipe yang menggunakan input 220V dan output 5V dengan tegangan 2A atau lebih. Bagian terakhir dari teardown kali ini adalah beberapa testpoint yang terdapat pada modul WiFi yang terdapat pada bagian pinggiran papan sirkuit VocoLinc PM3:

Testpoints

Demikian artikel singkat kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, om Wella yang telah mendonasikan perangkat VocoLinc PM3 untuk di-oprek, dan Anda yang telah membaca artikel ini. Sampai jumpa pada tutorial/artikel lainnya.