Internet of Things

Semua tentang IoT

by invalid

DevDuino adalah development board yang mirip dengan Arduino, namun memiliki beberapa perbedaan. DevDuino itu sendiri menggunakan mikrokontroler Microchip ATMEGA32U4, sama seperti yang digunakan oleh Arduino ProMini. Selain itu, DevDuino menyertakan beberapa modul baik yang terintegrasi, maupun yang bersifat eksternal diantaranya LCD, MicroSD Card, WiFi, Bluetooth, ĀµStripboard, RTC dan Voltmeter.

DevDuino Package

Modul WiFi yang digunakan adalah ESP-M:

WiFi Module

Sedangkan modul bluetooth menggunakan modul dengan IC BK3231. IC tersebut boleh dikatakan belum begitu banyak digunakan.

Sebelum menggunakan DevDuino, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, diantaranya:

  • Menyolder kabel yang ada pada modul voltmeter ke board DevDuino. Modul yang digunakan pada review ini adalah modul yang memiliki 3 buah kabel, dimana 1 kabel dihubungkan ke GND, 1 ke 5V dan 1 kabel lainnya untuk pin yang akan digunakan mengukur voltase.
  • Menyolder header pin untuk dihubungkan dengan power supply dari breadboard. Langkah ini sifatnya opsional.
  • Memasang baterai CR1220 (3V) yang akan digunakan oleh RTC pada board DevDuino.
  • Memasang MicroSD Card pada slot yang telah disediakan.
  • Sedangkan untuk pustaka/library, kita perlu mengunduhnya dari situs DevDuino dan menambahkannya ke IDE Arduino yang digunakan. Untuk caranya, bisa dibaca langsung pada situs DevDuino.

Berikut ini adalah tampilan DevDuino yang beberapa modul dan pelengkapnya telah terpasang:

Pin and Voltmeter Soldered

Dan setelah diberi input power menggunakan kabel micro USB, maka akan tampil aplikasi demo seperti pada gambar berikut ini:

DevDuino Test

Sebagai kesimpulan, DevDuino ini cocok untuk dijadikan media pembelajaran dan prototyping alternatif dari Arduino yang umum ditemukan. Sekian review singkat kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, om Wella yang telah mendonasikan DevDuino untuk direview dan dioprek, serta Anda yang telah membaca tutorial ini. Sampai jumpa di tutorial lainnya.